MARKETING PLAN PULSA ELEKTRONIK ALL OPERATOR “OTAK PULSA”

shape image

MARKETING PLAN PULSA ELEKTRONIK ALL OPERATOR “OTAK PULSA”



MARKETING PLAN
PULSA ELEKTRONIK ALL OPERATOR
“OTAK PULSA”


I. EXECUTIVE SUMMARY

a. Synopsis

Perusahan yang dibangun merupakan perusahan pribadi yang didirikan oleh perorangan. Nama perusahaan yaitu “OTAK PULSA”. Perusahaan ini merupakan perusahan pulsa yang ada dijakarta yang merupakan pemilik server pulsa. “OTAK PULSA” menjual pulsa elektronik dengan transaksi 24 jam all operator seluler (telkomsel,axis,three,smartfreen,xl,indosat,dll). “OTAK PULSA” menerima pendaftaran untuk menjadi agen pulsa (buka chip all operator) dan menerima deposit (mengisi saldo untuk agen) dalam bentuk tunai dan non tunai

b. Major aspects of the marketing plan

Rencana yang dirancang adalah terwujudnya beberapa jaringan melalui agen-agen yang mendaftar sehingga dengan itu maka akan meningkatkan omset serta keuntungan. Setelah agen cukup banyak maka memungkinkan perusahaan berkembang menjadi lebih mandiri dan memiliki server pulsa sendiri

II. SITUATION ANALYSIS

a. Analysis of the internal environment

Perusahaan telah berjalan selama kurang lebih 4 bulan. Dari bulan ke bulan berupaya untuk meningkatkan modal dan omset dengan cara menawarkan jasa pendaftaran agen pulsa serta meningkatkan jumlah transaksi.

b. Analysis of the customer environment

Customer yang menjadi sasaran adalah orang yang membutuhkan pulsa terutama dalam keadaan mendesak atau darurat yang tidak memungkinkan pembelian pulsa via atm atau harus berjalan jauh mencari konter pulsa. Selain konsumen langsung para calon retailer pulsa yang ingin menjalani bisnis jual pulsa merupakan target konsumen.

Konsumen berupa retailer pulsa ini selalu menginginkan untung yang besar tiap transaksinya. Selain itu kemudahan dalam mengisi saldo (deposit) juga merupakan pertimbangan para calon retailer memulai usaha jual pulsa. Masih banyak calon pengusaha pulsa yang masih awam ingin memulai usahanya dengan keterbatasan kemampuannya dalam menggunakan teknologi, misalnya tidak paham melakukan transaksi via bank atau atm. Maka kehadiran kami mendatangkan kemudahan bagi konsumen seperti itu. Kami menerima isi saldo atau deposit pulsa dalam bentuk uang tunai dan non tunai.

c. Analysis of the eksternal environment

Bisnis pulsa lainnya sangat bervariasi ada yang sudah memiliki server pulsa sendiri hingga bisa menentukan sistem sendiri. Ini merupakan perusahaan yang bisa dikatakan besar karena selain memiliki teknologi sendiri ini juga membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan bisnis kami.
Selain itu banyak juga agen-agen seperti kami yang bermitra dengan salah satu perusahaan yang memiliki server dam bermitra dengan para retailer pulsa. Kebanyakan agen-agen ini hanya membuka conter pengisian tanpa adanya usaha untuk mengembangkan dengan cara menawarkan langsung kepada calon konsumen. Selain itu, harga yang cukup mahal untuk para retailer karena agen-agen ini menginginkan keuntungan yang besar dari para retailer. Sedangkan kami memprioritaskan kepercayaan serta kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama lalu kemudian keuntungan yang relatif kecil karena modal serta jenis pekerjaan lebih sederhana daripada retailer.

III. SWOT ANALYSIS (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats)

a. Strengths

• Harga bersaing
• Pulsa yang dijual all operator
• Transaksi 24 jam
• Tidak ada batas waktu (expire) dalam saldo pulsa
• Tidak membutuhkan modal yang besar bagi retailer pulsa
• Memberikan keuntungan yang besar bagi retailer
• Menyediakan layanan laporan transaksi secara online

b. Weaknesses

• Tidak memiliki server pulsa sendiri
• Minim pengalaman
• Kelancaran transaksi ditentukan oleh server
• Harga ditentukan oleh server

c. Opportunities

• Permintaan pelanggan atau konsumen pulsa selalu meningkat
• Banyaknya para calon usahawan pulsa yang berminat tetapi masih awam dalam teknologi terutama transfer dana antar bank.
• Usaha jual pulsa sebagai pekerjaan sampingan yang cukup mudah tanpa banyak mengeluarkan waktu dan tenaga.

d. Threats

• Banyaknya pesaing yang menawarkan harga murah.
• Banyaknya perusahaan yang sejenis yang memiliki modal cukup besar serta melakukan promosi secara masal.
• Kualitas pelayanan transaksi yang diatur oleh server menyebabkan kekhawatiran jika kurang memuaskan.

e, Analysis of the SWOT matrix

  1. Internal Faktor
  2. External faktor
  3. Strength
  4. Harga bersaing
  5. Pulsa yang dijual all operator
  6. Transaksi 24 jam
  7. Tidak ada batas waktu
  8. Tidak membutuhkan modal yang besar Memberikan keuntungan yang besar bagi retailer
  9. Menyediakan layanan laporan transaksi secara online
  10. Weakness
  11. Tidak memiliki server pulsa sendiri
  12. Minim pengalaman
  13. Kelancaran transaksi ditentukan oleh server
  14. Harga ditentukan oleh server
  15. Opportunity
  16. Permintaan pelanggan atau konsumen pulsa selalu meningkat
  17. Banyaknya para calon usahawan pulsa yang berminat
  18. Usaha jual pulsa sebagai pekerjaan sampingan yang cukup mudah tanpa banyak mengeluarkan waktu dan tenaga
  19. Harga bersain
  20. Pulsa yang dijual all operator
  21. Transaksi 24 jam
  22. Tidak ada batas waktu
  23. memiliki server pulsa sendiri
  24. harga ditentukan sendiri
  25. memperluas pengalaman

f. Developing competitive advantages

Pulsa merupakan suatu kebutuhan bahkan hampir sebanding dengan kebutuhan primer karena di jaman sekarang ini hampir tiap orang memiliki alat komunikasi yang mana memerlukan pulsa untuk menikmati layanan komunikasi. Maka dari itu kami mengutamakan layanan yang ramah, cepat dan memuaskan serta harga yang terjangkau sehingga pelanggan akan loyal dan setia membeli pulsa kita.

IV. MARKETING GOALS AND OBJECTIVES

a. Marketing goals

• Membangun perusahaan dari nol yang berkembang secara konsisten hingga terbentuk perusahaan yang independen dan mandiri.
• Membangun mitra usaha seluas-luasnya
• Membangun kepercayaan pada pelanggan sehingga memperoleh reputasi baik.

b. Marketing objectives

• Meningkatkan jumlah pengusaha kecil dengan modal yang terbatas dengan meningkatkan jumlah agen.
• Memberikan pelayanan dalam transaksi /pengisian pulsa para pengguna layanan operator seluler.
• Memberikan kemudahan dalam pengisian pulsa.

V. MARKETING STRATEGY

a. Primary (and secondary) target market

• Menyediakan penjualan atau jasa pengisian pulsa bagi orang terdekat.
• Membuka lahan bisnis bagi calon pebisnis pulsa dengan modal kecil (kurang dari 1 juta rupiah).

b. Product strategy

• Menawarkan secara langsung (peer to peer) kepada calon konsumen.
• Menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami oleh calon konsumer.
• Memberikan printout prosedur serta tatacara melakukan transaksi
• Memberikan informasi tentang harga serrta laba secara terbuka dan jujur.

c. Pricing strategy

• Rp. 100.000,- untuk modal awal pengisian pulsa

d. Integrated marketing communication (promotion) strategy

• Menawarkan secara langsung (peer to peer) kepada calon konsumen.
• Menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami oleh calon konsumer.
• Memberikan printout prosedur serta tatacara melakukan transaksi
• Memberikan informasi tentang harga serrta laba secara terbuka dan jujur.

VI. MARKETING IMPLEMENTATION

Strategi dan rencana pemasaran yang kita ubah menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai sasaran. Implementasi yang dilakukan mencakup aktifitas sehari-hari dalam transaksi pulsa, serta dari bulan ke bulan yang secara efektif melaksanakan rencana pemasaran. Dalam implementasi pemasaran dibutuhkan program tindakan yang menarik semua orang atau semua aktivitas yang dapat memainkan peranan penting dalam implementasi strategi pemasaran.

VII. EVALUATION AND CONTROL

Evaluasi dan kontrol dilakukan secara berkala untuk menilai kinerja para agen penjual pulsa atau downline dan untuk meningkatkan penjualan serta untuk merencanakan strategi selanjutnya.

Posting Komentar

© Copyright 2020-2021 OTAK PULSA - GAMES & PPOB

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now