7 TIPS MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN DALAM BISNIS ONLINE - ANDI AWAL

7 TIPS MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN DALAM BISNIS ONLINE - ANDI AWAL


7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dalam Bisnis Online – Baik dari itu bisnis online atau bisnis offline tidak akan lepas dari yang namanya konsumen. Konsumen merupakan pengguna atau orang yang yang menggunakan produk ataupun jasa yang anda tawarkan. Konsumen akan meningkat statusnya jika sudah melakukan transakasi lebih dari sekali dalam bisnis anda.

Untuk mendapatkan konsumen atau meningkatkan kepercayaan pelanggan, maka itu tidak lepas dari usaha para pebisnis. Setiap bidang usah memiliki cara sendiri untuk melakukannya. Jadi jangan pernah takut untuk trial and error sebelum formula promosi yang tepat anda dapatkan.

Bisnis online sekarang sudah menjadi tren kegiatan usaha. Dunia online sangat erat hubungannya dengan isu kegiatan “scam”, penipuan dan berbagai kegiatan yang tidak jujur lainnya. Seperti yang anda lihat sendiri bisnis online sudah berkembang di Indonesia. Dan laporan akan penipuan dari bisnis online ini juga tidak sedikit jumlahnya.

Maka dari itu sebagai konsumen tentu akan lebih jeli dan teliti lagi dalam memilih toko online yang sudah cukup terkenal bahkan ternama. Pembeli tidak akan berpikir panjang jika profil perusahaan sudah jelas dan dipercaya. Dan orang akan cenderung melakukan transaksi kembali pada toko online yang sudah dikenalnya.

Banyak factor yang mempengaruhi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online.
Jika anda adalah pebisnis online yang ingin memiliki pelanggan tatap atau bertambah. Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online anda.

1. Perhatikan Barang Atau Jasa yang Anda Jual


Bangun citra bisnis anda itu layak dan dapat dipercaya. Barang ataupun jasa yang anda tawarkan harus disertai deskripsi yang jujur, jangan pernah membuat buat deskripsi yang tidak sesuai. Kalau barang yang nada jual adalah barang KW, maka sertakan keterangan tersebut bahwa barang itu bukan aslinya atau originalnya.

Dalam mendeskripsikan produk anda harus disertai baik dari warna, spesifikasi, kualitas bahan, ukuran, produksi harus rinci dan sesuai produknya. Kalau ada pertanyaan dari konsumen terhadap produk anda, pastikan anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik saat berinteraksi.

2. Kualitas Gambar


Kualitas foto yang diberikan juga bisa membangun nama bisis anda. Kualitas foto menjadi pertimbangan konsumen untuk memutuskan membeli atau tidak. Kalau gambar yang ditampilkan dengan warna yang kurang jelas, bisa memunculkan kesan toko online yang asal-asalan. Tampilkan foto secara detail, kalau media online atau website anda mendukung untuk menampilkan detail produk itu lebih baik.

Anda juga bisa mengambil foto produk langsung dari website resmi penjual atau melalui sumber lain. Dan pastikan bahwa gambar yang anda pakai tidak memiliki hak cipta.

3. Sistem yang Mudah


Gunakanlah sistem pemesanan, pembayaran, konfirmasi dan pengiriman yang tidak berbelit dan mudah dimengerti. Keputusan konsumen untuk membeli produk tidak hanya karena faktor produk/jasa yang dijual namun sistem penggeraknya pun harus baik. Proses pemesanan barang yang berbelit dan banyak syarat akan membuat konsumen enggan untuk memesan. Konsumen tidak suka hal yang suka dibuat bertele-tele dan ribet. Dan kurang baiknya pilihan system pengiriman juga bisa membuat orang tidak jadi bertransaksi.

4. Website dan Akun Media Sosial yang Profesional


Agar bisa meningkatkan pelanggan dalam bisnis online, anda wajib menyertakan website profesional dan akun media sosial yang teroganisir. Website yang terlihat profesioanal bisa dilihat dari domain yang digunakan, konten yang ditampilkan, navigasi yang jelas, serta terdapat alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Bisnis online sangat erat kaitannya dengan media sosial, twitter, facebook, instagram, youtube. Gunakan akun media sosial sebagai media promosi dan komunikasi yang efektif dengan konsumen anda.

5. Testimoni dan Informasi yang Jelas


Testimony juga memiliki peran yang besar dalam membangun kepercayaan konsumen. Maka kumpulkan testimony pada halaman khusus yang mudah untuk diakses konsumen. Jika konsumen mambaca testimony orang yang menggunakan produk perusahaan online anda maka orang bisa melakukan penilaian apakah layak dipercaya atau tidak toko online anda.

Tekankan informasi yang jelas. Selain kejelasan deskripsi produk, spesifikasi, fitur dan lainnya harus secara detail. Dengan kelengkapan informasi yang dimiliki bisa anda tambahkan dari media lain yang saling berhubungan. Website menampilkan banyak riview rekomendasi produk yang bisa mempengaruhi keputusan konsumen untuk bertransaksi.

6. Informasi Kontak yang Jelas


Miliki nomor telepon khusus yang digunakan untuk bisnis anda. Jangan terlalu sering gonta ganti nomor telepon bisnis. Pastikan kontak yang tertera atau media sosial bisa dihubungi. Dalam berinteraksi usahakan berkomunikasi dengan professional. Letakkan informasi kontak agar mudah dilihat oleh konsumen. Tambahkan alamat official kalau diperlukan.

7. Membangun Repotasi


Membangun repotasi bisnis tidak bisa hanya sehari atau da hari. Membentuk repotasi harus melalui proses pelayanan dalam bisnis yang professional dan berkelanjutan. Testimony juga bisa membantu membangun repotasi. Komentar burukpun juga ikut menyertai pertumbuhan bisnis anda. Akan tetapi profesionalitas dan totalitas anda dalam pelayanan akan membawa citra bisnis online anda semakin baik dan lebih baik lagi di masyarakat.

Itulah tipsnya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan anda. Sekarang tinggal anda apakah mau menjalankan bisnis online seperti apa. Beberapa tips di atas bisa anda gunakan untuk kegiatan bisnis online anda.

Untuk mendapatkan konsumen serta meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online anda. Kalau tidak ada pelanggan tidak ada transaksi. Jika tidak ada transaksi dan komunikasi maka sudah bukan bisnis lagi. Terus tingkatkan bisnis anda. Udah keras memang perlu.
Semoga informasi di atas bermanfaat .

Selamat berbisnis! Keep spirit!!

Sampai jumpa.
A.Awal
A.Awal Awal payment store bergerak di bidang bisnis kartu telkomsel,distributor pulsa,web developer & jasa marketing yang berada di bawah hukum Indonesia.

Posting Komentar