ARTIKEL | ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA BISNIS PULSA

ARTIKEL | ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA BISNIS PULSA

Sebelum sobat terjun kedalam dunia bisnis pulsa atau akan jualan pulsa all operator dan token listrik, sebaiknya mengetahui atau kenal dengan istilah-istilah yang sering dipergunakan dalam bisnis modal kecil ini. Tentu saja dengan tahu istilah-istilah yang sering dipergunakan dalam bisnis ini dapat memperlancar usaha yang akan sobat geluti. Berikut ini beberapa istilah-istilah yang sering dipergunakan dalam bisnis jualan pulsa atau token listrik :

  • Server Pulsa All Operator

Adalah penyedia pulsa elektrik all operator, token listrik, voucher game online dan lain-lain. Pemilik server pulsa all operator membeli stock pulsa atau produk lainya ke Authorized dealer toperator atau ke sesama server pulsa lainnya. Server pulsa dalam melakukan transaksi pulsa bisa dengan berbagai cara misal sms atau yahoo messenger tergantung software yang dipergunakan. Jika sobat menggunakan transaksi dengan sms, cukup dengan satu kartu atau chip bisa mengisi pulsa elektrik semua operator lewat server pulsa ini.

Tentunya setelah sobat bergabung dengan salah satu server pulsa tadi. Setelah daftar sobat harus transfer sejumlah uang ke rekening pemilik server tadi yang akan dijadikan saldo untuk transaksi pulsa. Setelah itu baru chip atau kartu di handphone sobat bisa dipergunakan untuk transaksi pulsa atau mengisi pulsa semua operator, membeli token listrik pln atau voucher game online tergatung produk server pulsa yang sobat ikuti.

  • Deposit

Istilah yang dipergunakan untuk transfer uang ke nomer rekening server pulsa all operator. Deposit dilakukan untuk mengisi saldo pada server pulsa agar bisa transaksi.

  • Tiket

Salah satu sistem atau cara untuk melakukan deposit ke server pulsa. Untuk melakukan proses tiket tiap server pulsa berbeda caranya tergantung software yang dipergunakan oleh server pulsa. Cara deposit dengan tiket formatnya sudah ditentukan oleh tiap server pulsa. Dengan sistem tiket proses pengisian saldo otomatis dilakukan oleh sistem sehingga lebih cepat dibandingkan sistem manual yaitu dengan bantuan admin atau operator server pulsa.

  • Master Dealer (MD) Pulsa

Merupakan level keanggotaan dalam sebuah server pulsa. Level Master Dealer atau biasa disingkat MD saja biasanya level tertinggi dibandingkan dengan level lain. Sebagai level tertinggi dalam sistem server pulsa all operator MD mendapatkan harga dasar paling murah dibandingkan level lain.

Hanya saja biasanya server pulsa menerapkan kebijakan untuk level MD jumlahnya terbatas. Bahkan ada juga yang menerapkan kebijakan satu MD dalam wilayah tertentu. Level MD biasa diberikan kepada yang mendaftar di gelombang pertama pada sebuah server pulsa atau disaat server pulsa mengadakan promo. Sebagai anggota dengan status MD selain mendapatkan harga dasar pulsa paling MURAH juga bisa mendaftarkan orang yang tertarik bergabung dengan server pulsa yang di ikuti oleh MD tadi dan selanjutnya akan menjadi downlinenya.

Setiap downline MD melakukan transaksi pulsa atau produk lainnya, maka MD akan mendafatkan fee sebesar markup harga yang dilakukan. Biasanya seorang MD melakukan markup harga dikisaran Rp 25 - 200. Jika MD ingin mengembangkan jaringan dibawahnya disarankan tidak terlalu besar dalam markup harga. Level downline yang didaftarkan oleh seorang MD tergantung markup yang diberikan. Jika MD memberikan markup paling besar maka otomatis level downline tersebut yang paling rendah yaitu level reseller saja. Karena mendapatkan harga dasar pulsa paling mahal seorang reseller hanya bisa menjual pulsa langsung ke konsumen saja. Tidak cocok untuk di downlinekan kembali karena harga dasar pulsa yang diperoleh sudah mahal.

  • Dealer Pulsa

Level kedua setelah Master Dealer (MD). Level Dealer mendapatkan harga dasar pulsa setelah di markup oleh MD. Level Dealer didaftarkan ke server pulsa oleh seorang yang berstatus MD dalam sebuah server pulsa all operator. Level Dealer masih bisa mendaftarkan level dibawahnya karena harga dasar pulsa yang diperoleh masih murah dan jika dimarkup masih dalam harga wajar. Sama seperti MD, Dealer mendapatkan fee dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh downliennya.

  • Agen Pulsa

Level ketiga dalam keanggotan sebuah server pulsa. Seorang Agen Pulsa didaftarkan ke sebuah server pulsa oleh level Dealer Pulsa atau Master Dealer. Jika seorang MD mendaftarkan seseorang dengan markup setingkat lebih tinggi dari Dealer maka statusnya adalah Agen Pulsa. Seorang Dealer Pulsa mendaftarkan downline maka status downline tersebuta adalah Agen Pulsa. Harga dasar pulsa yang diperoleh oleh Agen Pulsa adalah harga pulsa yang telah dimarkup oleh dealer pulsa atau harga pulsa yang telah dimarkup oleh MD dengan harga setingkat lebih mahal dari Dealer Pulsa. Di level ini harga dasar pulsa masih murah sehingga masih bisa untuk mendaftarkan downline untuk level paling bawah yaitu reseller.

Sistem hirarki keanggotaan sebuah server pulsa tidak mutlak seperti diatas, sistem keanggotaan dalam sebuah server pulsa tergantung kebijakan masing-masing. Oleh karena itu sobat karibpulsa harus jeli dalam memilih server pulsa yang akan diikuti. Selain harga dasar pulsa yang paling murah, pelayanan dan kecepatan transaksi juga harus dijadikan patokan dalam memilih sebuah server pulsa.

  • Format Transaksi

Cara baku adalam melakukan transaksi pulsa dalam sebuah server pulsa all operator. Setiap server pulsa berbeda-beda dalam format transaksi. Format transaksi sebuah server pulsa tergantung dengan software pulsa yang dipergunakan dan customize yang dilakukan oleh server pulsa. Format transaksi biasanya tertera jelas di website server pulsa yang bersangkutan atau dibrosur-brosur yang disebar.

Demikian beberapa istilah-istilah dalam sebuah server pulsa all operator, semoga membatu sobat karib pulsa yang ingin terjun ke bisnis jualan pulsa.
A.Awal
A.Awal Awal payment store bergerak di bidang bisnis kartu telkomsel,distributor pulsa,web developer & jasa marketing yang berada di bawah hukum Indonesia.

Posting Komentar