ARTICLE | Sejarah Perjalanan Pulsa di Indonesia

Sejarah Perjalanan Pulsa di Indonesia

  • Sejarah Perjalanan Pulsa di Indonesia


Secara pastinya belum pernah ditemukan sumber terpercaya yang menjelaskan kemunculan kata “pulsa” pertama kali, atau menjelaskan sejarah perjalanan pulsa di Indonesia secara detail. Jadi sampai saat ini, belum ada yang tahu pasti kapan dan siapa pencetus sebutan pulsa untuk produk prabayar provider seluler. Namun beberapa fakta yang bisa kita selusuri bersama bahwa sejak perusahaan provider Telkomsel berdiri pada tahun 1995-an, pascabayar atau postpaid merupakan satu-satunya tipe layanan yang beredar di pasar telekomunikasi. Pada saat itu, menerima telepon saja akan dikenakan tarif yang nantinya masuk dalam tagihan. Bisa dibayangkan betapa mahalnya untuk berkomunikasi saat itu.

Munculnya ProXL


Sekitar bulan oktober 1996 XL mulai bersiap untuk ambil bagian. Persaingan ketat dalam bisnis operator seluler dimulai setahun kemudian saat produk ProXL beredar di pasaran. Di saat itulah Telkomsel menyadari dirinya harus menciptakan terobosan yang mampu menyaingi provider lain. Di tahun 1997, Telkomsel secara resmi meluncurkan produk prabayar untuk pertama kali. Namun saat itu pengisian pulsa masih menggunakan voucher gosok.
Telkomsel Luncurkan Sistem EDC

Kemudian pada tahun 2002, Telkomsel menerapkan sistem pengisian pulsa menggunakan EDC (masyarakat awam menyebutnya mesin gesek) yang diberi nama Autorefill atau B2B. Sistem tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan penggunaan voucher gosok yang tentunya dapat memudahkan pembeli.

Pelopor Pulsa Elektrik


Baru di tahun 2004, Telkomsel meluncurkan produk MKIOS-nya. Produk inilah yang menjadi pelopor pulsa elektrik yang dipakai oleh hampir semua provider seluler saat ini. Sejak saat itu pula, bisnis konter pulsa telah menjamur hampir di seluruh daerah di Indonesia.

otak pulsa Menjadi Bagian Sejarah


Seiring perkembangan yang terus terjadi dari tahun ke tahun, kini semua terasa semakin mudah. Mungkin dulu kamu harus mengeluarkan modal besar untuk membuka usaha pulsa, harus menyiapkan tempat, alat, dan lain sebagainya. Kini dengan hadirnya otak pulsa kamu bisa memulai usaha pulsa dengan mudah. Kamu bisa memulainya dengan menjadi Reseller otak pulsa sambil mengembangkannya hingga usaha pulsa yang kamu kembangkan menjadi semakin besar, dan kamu menjadi bagian dari sejarah perkembangan pulsa di Indonesia.
A.Awal
A.Awal Awal payment store bergerak di bidang bisnis kartu telkomsel,distributor pulsa,web developer & jasa marketing yang berada di bawah hukum Indonesia.

Posting Komentar